TIPS KULIAH


TIPS KULIAH

Pada halaman ini, membahas tips-tips dan informasi mengenai kuliah selama di UPI. Kami berharap semoga tips dan informasi yang disampaikan bermanfaat bagi kita semua dalam menimba ilmu di kampus tercinta.



Tentang Kuliah
Belajar di Perguruan Tinggi memiliki atmosfer yang tentu berbeda dengan belajar saat masih duduk di sekolah menengah atas atau SMA. Salah satu perbedaan mencolok tersebut adalah perubahan status siswa menjadi mahasiswa, maha berarti besar yang menuntut kemandirian dan perubahan sikap mental dan perilaku siswa menjadi seorang mahasiswa.

Dalam perkuliahan, pengajar tidak lagi melulu menjelaskan secara detail hingga pelajaran berakhir, akan tetapi mahasiswa dituntut belajar sesuai dengan SKS (Sistem Kredit Semester) yang biasanya 1 SKS itu menunjukkan 50 menit belajar dalam pertemuan tatap muka di kampus, 60 menit belajar mandiri yang ditugaskan oleh pengajar atau Dosen seperti tugas dan 60 menit belajar mandiri yang tidak direncanakan Dosen, artinya kita sendiri yang merancang untuk belajar secara mandiri dalam memahami mata kuliah yang kita pelajari.

Dalam perkuliahan, mengenai nilai atau evaluasi biasanya soal evaluasi yang diberikan merupakan soal uraian yang menuntut mahasiswa berpikir kritis serta memecahkan masalah dengan baik. Namun demikian, terdapat mata kuliah yang masih menerapkan soal pilihan ganda. Atau bahkan terdapat mata kuliah yang tidak menerapkan evaluasi namun diganti dengan tugas yang diberikan oleh Dosen sebagai pengganti ujian. Ujian yang dilakukan ada ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Nilai dari hasil ujian atau evaluasi bukan lagi nilai 1-10 atau 0-100 akan tetapi bernilai E-A dengan rentang nilai dari 0-100, dimana E berarti tidak lulus dan A nilai terbaik, D pun harus mengulang. terdapat juga BL (Belum Lengkap) yang artinya terdapat beberapa tugas yang belum masuk yang membuat nilai belum keluar.

Berkenaan dengan tugas kuliah, Dosen sering sekali memberikan tugas-tugas kuliah yang diberikan sebagai kegiatan belajar mandiri. Biasanya dikumpulkan dan dinilai sesuai dengan hasil yang dilaporkan atau tugas yang dikumpulkan. Tugas dapat berupa mengerjakan soal-soal atau membuat makalah, resensi, laporan dan semacamnya. Kebanyakan tugas tersebut bersumber dari buku dan diperoleh dari internet. Untuk buku sumber kita bisa meminjam kepada teman atau kakak tingkat yang sudah punya atau membelinya. Sedangkan untuk internet, sebagai sumber harus selektif dalam memlihnya, hal ini dikarenakan informasi yang disampaikan di internet kadang kurang dapat dijadikan patokan dalam penggunaannya sebagai sumber informasi. Biasanya dosen menyarankan sumber berasal dari jurnal atau artikel internasional, atau minimal jurnal indonesia. Akan tetapi, kita bisa memilih secara cerdas sumber berasal dari artikel berbahasa indonesia yang memang dapat dipercaya adanya.

Tips searching sumber tugas di internet:
  • Melalui google.com. google adalah laman pencarian yang sangat baik dalam memberikan informasi yang berkenaan dengan apa yang kita cari yang bersumber dari seluruh dunia. Menuliskan kata kunci yang dituju dan memilihnya secara cerdas. Setelah dipilih bisa dicopy paste dan jangan lupa menuliskan alamat situs atau sumber tersebut dan tanggal berapa kita memperoleh informasi dari sumber tersebut.
  • Melalui bing.com. Bing adalah laman pencarian produk microsoft yang lumayan baik dalam memberikan informasi mengenai apa yang dicari namun masih kalah dari google. Namun demikian Bing.com dapat dipergunakan untuk mencari gambar-gambar yang beragam dan berkualitas lebih baik dari google biasanya. Meskipun saat ini google pun sudah lebih baik dari sebelumnya dalam hal pencarian gambar.
  • Melalui yahoo.com/yahoo.co.id dapat digunakan sebagai laman pencarian data namun masih kalah dibanding dengan google.
  • Kesimpulan dari tips ini, langkah pertama yang dilakukan dalam mencari sumber data, gambar maupun video gunakanlah google.com dengan menuliskan kata kunci yang baik. Selanjutnya, jika masih kurang puas coba cari data lain di bing.com dan di yahoo.com
Tips Menuliskan Kata Kunci/keyword di laman pencarian google, yahoo atau bing
  • Gunakan kata kunci yang baik dan bisa menggunakan bahasa indonesia atau menggunakan bahasa inggris tergantung sumber darimana yang ingin diperoleh.
  • Jika jurnal internasional yang kita cari, dan kebetulan tidak tahu tuliskan kata kunci yang diawali oleh "Journal....".
  • Yang harus dilakukan dalam mencari data yang berkualitas seperti junal internasional ini selain cerdas dalam mencari juga harus sabar, karena kata kunci yang dituliskan kadang-kadang sangat berpengaruh pada hasil pencarian yang diinginkan.
  • Jikalau sudah tahu judul jurnal atau nama pengarang, lebih mudah dan tinggal tuliskan saja kata kunci tersebut.
  • Jurnal biasanya ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jurnal biasanya bisa di download dalam format .pdf. oleh karena itu salah satu trik yang bisa kita lakukan agar yang muncul langsung jurnal atau artikel dalam format pdf adalah dengan menuliskan kata kunci yang diakhiri dengan .pdf
  • untuk mencari artikel berbahasa indonesia atau bahasa inggris lebih mudah dibandingkan dengan mencari jurnal internasional, hanya tinggal cerdas saja dalam menuliskan kata kunci yang sesuai.
Tips Dalam Kegiatan Belajar di Kelas
  • Perhatikan Dosen saat menerangkan, kemudian catat yang menurut kita penting atau yang dijelaskan tidak ada pada buku, karena biasanya penjelasan Dosen tersebut ada dalam ujian, meskipun tidak semuanya.
  • Dalam mencatat sebaiknya rapi, dan dapat terbaca serta jangan sampai bercampur aduk satu mata kuliah dengan mata kuliah lain, hal ini mempermudah kita dalam mempelajari kembali apa yang diterangkan Dosen.
  • Membaca memang hal yang mutlak dilakukan dalam hal belajar. Sebelum belajar di kelas sebaiknya buku sumber dibaca terlebih dahulu, agar saat belajar di kelas lebih terarah pemahaman kita. Sesudah belajar di kelas pun biasakan dibaca kembali agar lebih paham.
  • Belajar di kelas idealnya duduk paling depan karena selain suara Dosen lebih terdengar jelas, kita juga lebih fokus, namun demikian duduk di kursi deretan tengah juga masih efektif, asal diusahakan jangan di belakang.
  • Biasakan bertanya saat kita kurang paham atau ingin lebih paham kepada Dosen. Selain itu, jikalau kita dapat menyanggah atau menambahkan jawaban pertanyaan ungkapkan kepada teman di kelas tersebut. Biasanya nilai selain dari ujian juga diperoleh dari aktifitas kita belajar di kelas.
Tips Setelah Belajar di Kelas
  • Saat diberikan tugas, tulis dengan benar tugas apa yang diberikan di buku tugas yang kita buat khusus sendiri. tulis tanggal terakhir dan jam berapa tugas dikumpulkan dan dalam bentuk apa tugas dikumpullkan serta cek harus dikirim ke email atau tidak.
  • Biasakan kerjakan tugas saat itu pula atau pada hari itu juga agar tidak lupa dan otak kita masih ingat dan paham dengan yang dijelaskan sehingga pengerjaannya akan lebih mudah. jikalau tidak ada waktu untuk mengerjakan, jangan biarkan tugas terbengkalai dengan kegiatan tidak bermanfaat yang membuat tugas semakin bertumpuk dari hari ke hari. Karena tugas dari dosen memang sering diberikan sebagai tugas mandiri kita.
  • Kerjakan tugas dengan baik dan rapi, jikalau saat mengerjakan tugas kurang paham, bertanyalah kepada teman yang sudah paham.
Tips Menghadapi Ujian
  • Jadwal ujian biasanya diberitahukan dosen paling telat seminggu sebelumnya, oleh karena itu atur jadwal kita agar dapat mempelajari kembali apa yang telah dipelajari.
  • Tips setelah mempelajari sumber dan catatan, kita bisa melanjutkannya dengn mencoba mengerjakan soal.
  • Tips lain yang ampuh setelah mempelajari sumber dan catatan adalah,dengan mempelajari soal-soal kakak tingkat atau tahun-tahun sebelumnya , dan mencoba menjawabnya dengan benar. (Tapi jangan dijadikan patokan loh!)
  • Datang ke tempat ujian sebelum waktu bel ujian paling telat 15 menit sebelum ujian dimulai untuk memlih tempat duduk dan menenangkan diri.
  • Isi kertas ujian dengan seksama dan benar, karena tidak menutup kemungkinan nama belum disi dan salah menuliskan NIM (Nomor Induk Mahasiswa).
  • Jawaban tulisan kita harus rapi, karena tidak jarang Dosen saat memeriksa jawaban saking tidak terbacanya atau bingungnya membaca tulisan membuat malas untuk memeriksanya yang akhirnya nilai kurang memuaskan, meskipun jawaban kita benar.
  • Ujian biasanya menggunakan pulpen hitam atau biru untuk soal uaraian
Tips Saat Memeperoleh Nilai yang Harus Diremedial
  • Tipsnya adalah benar-benar mempelajari kembali apa yang telah dipelajari.
  • Diusahakan tidak tegang, karena berpengaruh ke konsentrasi kita
Tips Ampuh Belajar
  • Berdoa kepada Allah SWT
  • Berbuat baik pada orangtua
  • Bersahabat baik dengan teman-teman
Organisasi
Selain kita fokus belajar di masa perkuliahan, berorganisasi adalah salah satu cara bagi kita mengembangkan diri dalam interaksi sosial, berkumpul dan memutuskan masalah, serta belajar berkomunikasi.

Meskipun berorganiasasi bukanlah hal yang wajib, namun terdapat manfaat yang insyaAllah baik bagi yang berorganiasasi. Namun demikian jangan sampai saking asyiknya beorganiasasi lupa dengan tugas kita sebenarnya yaitu belajar. Berorganisasi ok tapi sukses belajar dengan IPK memuaskan juga harus.

Memang, beberapa mahasiswa berpendirian sebagai study oriented alias berfokus pada belajar, namun jikalau ingin lebih berpengalaman dalam hal kegiatan sosial, kegiatan berkumpul serta mengorganisis dan berpengalaman menyelenggarakan acara besar yang belum pernah kita lakukan, kita bisa memanfaatkan berorganisasi di kampus.

Tips: Yang harus diperhatikan adalah organiasasi mana yang sesuai dengan kita, dan jangan sampai salah memilih. Di UPI sendiri banyak organisasi-organisasi salah satunya yang berlandaskan islami seperti BAQI, UPTQ, UKDM, KALAM, dan lainnya.
Beasiswa
Beasiswa merupakan hal yang sangat didambakan mahasiswa dalam menunjang biaya perkuliahan. Di UPI sendiri beasiswa biasanya diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi, kurang mampu.

Beasiswa biasanya dapat kita peroleh pada tahun ke dua atau semester 3. meskipun saat masuk kuliah juga ada beasiswa yang bisa kita peroleh dengan mengajukan syarat yang diberikan oleh pemberi beasiswa.

Tips: Rajin-rajinlah menengok jurusan atau fakultas dan bertanya tentang beasiswa, selain itu jeli melihat pengumuman tentang beasiswa dan menyiapkan persayaratan yang diperlukan.

Beasiswa di UPI sendiri ada banyak, salah satunya PPA, Djarum, BBM, Supersemar, dan lainnya, bisa dilihat di website UPI disini.
Kesempatan Kerja
Kesempatan kerja yang dimaksud adalah kerja sambil kuliah untuk tambah uang jajan atau biaya kuliah dengan cara menjadi pengajar di lembaga privat. Terlebih untuk mahasiswa yang dari fakultas MIPA. Biasanya sarat menjadi pengajar adalah tingkat 3, namun demikian tingkat 2 pun tidak menutup kemungkinan untuk mengajar di lembaga privat.

Tips: sering lihat pengumuman lowongan kerja jadi pengajar, daftar dan kirim lamaran beserta syarat-syarat yang dibutuhkan. Sebaiknya jangan terlalu fokus mengajar di lembaga privat takutnya kuliah jadi tidak fokus lagi. Agar kuliah tetap fokus usahakan mengajar anak privat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kawasan kosan kita. Namun bagi yang memiliki kendaraan bermotor sih, insyaAllah bisa di atasi asalkan kita siap saja.

Info Kosan
Terdapat beberapa pilihan kosan yang bisa kita tempati, tergantung budget dan fasilitas apa yang kita inginkan. Berikut tempat kosan yang sering dikontrak mahasiswa diantaranya:
  • Gegerkalong Girang
  • Gegerkalong Tengah
  • Geger Suni
  • Geger Warga
  • Geger Asih
  • Geger Kiara
  • Ledeng
  • Jl. Sersan Bajuri
  • Cilimus

Info Toko Buku
Terdapat toko buku yang bisa kita jadikan tempat ekspedisi buku-buku baik untuk sumber tugas, sumber mata kuliah, maupun sebagai referensi baca membaca saja. Berikut toko buku yang sering dikunjungi mahasiswa UPI dalam mencari referensi diantaranya:
  • Palasari, Jl. Palasari, Website: palasarionline.com
  • Mas Azzy Agency; Jl. Gegerkalong Tengah, Bandung
  • MuftyAgency (Pusat); Jl. Jembar 3 No. 1 Ambitung Cicadas, Bandung
  • Gunung Agung (Bandung Indah Plaza/BIP); Jl. Merdeka
  • Gramedia (Istana Plaza/IP); Jl. Pasir Kaliki
  • Gramedia (Pusat); Jl. Purnawarman dan Jl. Merdeka
  • Toko Buku Togamas; Jl. Supratman No.45 Bandung
  • Toko Buku Selasar Dewi Sartika; Jl. Dewi Sartika, Kalapa
  • Rumah Buku; Jl. Hegarmanah No.52 Bandung
  • Ultimus; Jl. Lengkong Besar No.127, Bandung

Info Jalur Angkot
Terdapat jalur angkot yang bisa kita tempuh menuju tempat yang akan kita kunjungi.
  • Terminal Ci Cahem - Terminal Ledeng: UPI-ITB-Kebun Binatang-Pasar Balubur-Gasibu dan Gedung Sate-PUSDAI JABAR-ITENAS-Terminal Ci Cahem
  • Terminal Ledeng- Terminal Kebon Kalapa: UPI-Cihampelas-Gramedia dan BEC-Masjid Ukhuwah dan Balai Kota- Hotel Hyatt Regency-Belitung-UNPAS-ITC-Terminal Kalapa-Jl.Pungkur-UNLA-Riau-BIP-Braga-Cipaganti Ledeng
  • Terminal Ledeng- Terminal Margahayu: UPI-Sukajadi-Pasar Sederhana-Cihampelas-Jl. RE Martadinata-Margahayu
  • Terminal Lembang-Ledeng-Stasion Hall: Lembang-UPI-Cihampelas-Pasteur-Istana Plaza/IP-Kebon Kawung-Stasion bandung-OTISTA-Sukajadi-RS. Hasan Sadikin-Paris Van Java-Ledeng-Lembang
  • Terminal Lembang-Ledeng-Pasar Ciroyom: Lembang-UPI-Cihampelas-Pasteur-Istana Plaza-Husen Sastranegara-Ciroyom.

Info Wisata
Terdapat beberapa wisata alam yang bisa kita kunjungi untuk refreshing atau rihlah bersama sahabat diantaranya:
  • Kawsan Tangkuban Perahu
  • Dago Pakar
  • Maribaya
  • Kebun Bungan Cihideung
  • Curug Cimahi
  • Teropong Angkasa Boscha
  • Punclut
  • dll
Info Biskop
Berikut informasi Bisokop yang bisa kita kunjungi untuk nonton film yang ada di Bandung diantaranya:
  • Braga; Jl Braga 99-101 Bandung
  • BSM XII; Bandung super Mall, Jl. Gatot Subroto
  • BTC XXI; Jl. doktor Djundjunan No.143-149
  • Ciwalk XXI; Jl. Cihampelas No.160
  • Empire (BIP); Jl. Merdeka 56
  • Galaxy; Jl. Kepatihan
  • Jatos ; Jl. Jatinangor No. 150
  • Nusantara; Jl. alun-alun Timur No. 3-7
  • Regent; Jl. Sumatra 2
  • Blitz Megaplex Paris Van Java; Jl. Sukajadi 137-139, Bandung

Comments :

3 comments to “TIPS KULIAH”

Anonim mengatakan... on 

Syukron Jzk..."Bermanfaat"

apreamach mengatakan... on 

website upi ga pada bisa dibuka ya? masuk fpips.upi.edu aja gabsa

Anonim mengatakan... on 

このことがすき。。。

Posting Komentar