BAQI ITU...??

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas wilayahnya, mulai dari sabang sampai merauke, negara yang paling banyak jumlah penduduknya ke 4 dunia, dan negara pemeluk agama islam terbanyak di dunia, lalu dari sekian banyaknya umat muslim di Indonesia terbagi lagi menjadi berbagai jenis golongan dan organisasi ke Islaman. Organisasi keislaman di Indonesia boleh dibilang yang paling banyak dan juga bervariasi di Dunia. Tataran/ranah dari organisasi islam di Indonesia ini terdiri dari tingkat Sekolah, kampus, dan juga masyarakat secara umum. Di tingkat sekolah kita sebut saja ada rohis sekolah, atau ADS (aktivis dakwah sekolah), di tataran kampus ada rohis himpunan dan juga ADK (Aktivis dakwah Kampus) dan untuk di masyarakat umumnya ada banyak organisasi keislaman seperti NU, MUHAMMADYAH, PERSIS dll.

ADK yang ada di seluruh kampus Indonesia menitik beratkan kepada penyampain dakwahnya tentang keislaman secara umum, artinya tidak terfokus pada satu bidang keilmuan  islam, seperti bidang nahwu, ketauhidan dan yang lainya. Meskipun  demikian, ranah kerja ADK di kampus-kampus seluruh Indonesia sudah pada koridornya untuk berjuang menegakan agama ALLOH dan itu terlepas dari beberapa kelemahan yang masih harus dibenahi.
Itulah ADK yang berdakwah pada  bidang keislaman secara umum, umum disini maksudnya semua aspek digarapnya. Nah,, sahabat Tahu ngga kalau UKM kita "BAQI" yaah"UKM BAQI UPI " adalah satu-satunya UKM di Indonesia yang fokus dakwahnya hanya pada AL-QUR'AN saja.. Ngga percaya??? hayo kita cek satu persatu kampus gede di Indonesia.
  1. UI merupakan salah satu kampus terfavorit di Indoenesia lalu apakah dengan kefavorityanya itu ada UKM ke QUR'AN-nan nya? hayu kita lihat,, mungkin ada sahabat, meskipun bersifat komunitas penghafal AL-QUR'AN, seperti KQ kalau di BAQI nya.
  2. UGM (Universitas Gajah Mada) bukan Universitas Gue Maning, apakah ada UKM ke QUR'AN-nanya,,,kemungkinan ada, karena disana bahkan di program kan one day one juz untuk membacanya, dan one day one ayat untuk menghafalkanya. Looh ko mirip kaya pesantren Qur'an -nya ustad Yusuf Mansyur,, ya iyalah orang UGM mengadopsi dari Pesantren Qur'anya ustad Yusuf Mansyur dah bahkan kerjasama dengan pesantren Qur'annya ustad Yusuf Mansyur,. akan tetapi di UGM ini belum ada bimbingan untuk belajar membaca Al-Qur'an kepada Mahasiswa yang belum bisa membaca Al-Qur'an.
  3. UNBRAW (Universitas Brawijaya) universitas yang satu ini juga bisa terbilang besar lebih besar dari kosan kita,,,heee,,,. UNBRAW ini, memang besar prestasinya dari bidang ilmu pengetahuan,,,. Coba kita cek yuU' UKM ke Al-Qur'an nanya ada ga yaah disana. dan ternyata disana pun belum beridiri aberdiri UKM tentang ke Qur'an nan, ahabat.
  4. UNDIP (Universitas Diponegoro) ada ga yaah UKM yang mengurusi temen-temen atau adik tingkatnya yang belum bisa membaca Al-Qur'an?? sepertinya masih belum berdiri di kampus ini, sahabat.
  5. UNILA (Universitas Lampung) sepertinya ADK di UNILA ini hampir sama dengan di kapus UPI yang sangat mebahana dan menghijau, tapi kita coba tanya ada ngga yaah UKM yang memberantas buta huruf Al-Qur'an nya??  dan jawabanya ternyata kemungkinan belum berdiri juga.
  6. UNSRI (Universitas Sriwijaya) kalau kampus ini merupakan kampus yang berada di kota yang religius, namun sama hal nya dengan kampus yang lain, di UNSRI pun tapi kemungkinan besar belum ada berdiri UKM ke Al-Qur'an -nanya.(insya ALLOH dalam proses)
  7. UNCEN (Universitas Cendrawasih) coba kita cek,,, dan ternyata masih sama jawabanya seperti kampus-kampus yang dijelaskan diatas, masih dalam proses pembentukan UKM ke Al-Qur'ana -nya.
  8. nah,,,itu dari kampus yang jauh dari kampus UPI, apa kabar kampus disekitar kita, hayo mari kita cek kampus yang disekitar Bandung seperti ITB. Waah ITB punya salman kan pastilah ada program pemberantasan "buta huruf Al-Qur'an" seperti di UPI,,dan ternyata ada sahabat bahkan kayanya lebih rame deh. Dan Ternyata dari sekian banyak program di masjid SALMAN ITB masih kurang dalam pengetesan baca Al-Qur'an kepada mahasiswanya dan mewajibkan mahasiswanya untuk belajar membaca Al-Qur'an bagi yang belum bisa membaca Qur'anya.
  9. Selanjutnya UNPAD, benar memang di Unpad ini pada tahun 2011 kemarin, ada yang study banding ke UKM BAQI UPI pada masa kepengurusan kang Aceng Komarudin,,.Dari study banding itu lahirlah ABQ di Unpad.  Program kerja ABQ di Unpad hampir sama dengan BAQI karena bisa dibilang ABQ ini adalah adiknya BAQI, meski ranah kerjanya belum seperti yang ada di BAQI, yang setiap tahunya mengurusi ribuan mahasiswa baru. yaa Wajar saja ABQ belum bisa seperti BAQI karena ABQ inikan masih sangat muda usia nya.
  10. UNISBA----dari sekian kampus yang dipaparkan di atas, kesemuanya merupakan  kampus negeri, lalu apakabar kampus swastanya?? nah, karena itu UNISBA kita pilih untuk mewakili kampus swastanya...--> Kenapa harus UNISBA??? kenapa yaah!!!...karena UNISBA merupakan kampus yang mengadakan tes baca Qur'an ketika ada mahasiswa baru, dan itu berati hampir sama kaya di BAQI UPI. Tapi sayangnya sahabat,, di UNISBA ini tidak dilanjutkan dengan bimbingan belajar membaca Al-Qur'an bagi yang belum lulus tes baca Qur'an nya, tidak/belum bisa  mengadakan bimbingan belajar membaca Al-Qur'an bagi yang belum lulus tes membaca Qur'anya.         
Jadi seperti itu sahabat.. Naah, dari Pemaparan kesepuluh universitas diatas secara gamblang dan sangat terang menjelaskan bahwa "HANYA DI UPI" kampus yang mengadakan pengetesan baca AL-Qur'an kepada mahasiswa barunya dan setelah itu  ada bimbing belajar mebaca Qur'an bagi yang belum lulus tes baca Qur'an nya. Program bimbingan ini berlangsung selama satu semester, dan bisa juga ditambah pada waktu diluar bimbingan resmi tersebut jika memang peserta menginginkanya. Berikut Foto kegitan bimbingan yang biasa dilkukan:



dokumentasi pembukaan bimbingan belajar BAQI 
di lt utama masjid AL-FURQON UPI (peserta akhwat)

 Dokumentasi pembukaan bimbingan di area IKHWAN

Dokumentasi pembukaan bimbingan belajar Al-Qur'an 
di lihat dari lt 3 masjid Al-Furqon UPI (peserta ikhwan dan akkhwat)

Dokumentasi pengetesanya pun bisa di lihat di bawah ini:

 Dokumentasi suasana menjelang tes BAQI UPI (akhwat)
di lt utama Masjid Al-Furqon UPI

 Dokumentasi pengetesan BAQI ikhwan
di lt 3 masjid Al-Furqon UPI 
 Dokumentasi suasana tes BAQI akhwat 
dilihat dari lt 3 Al-Furqon UPI
Sahabat, disetiap perjuangan pasti harus ada pengorbanan dan juga ke istikomahan. Dengan perjuangan dan keistikomahan itulah BAQI bertahan menghadapi badai, melewati lautan cercaan dan juga jurang perbedaan. BAQI yang telah dewasa ini sudah saatnya untuk mengembangkan sayapnya ke jangkauan yang lebih luas lagi dalam upaya berdakwah bil QUR'AN , berdakwah untuk memberantas buta huruf Al-Qur'an di bumi pertiwi yang subur ini. Demi sahabat kita yang membutuhkan bantuan kita untuk belajar membaca Al-Qur'an. Terlepas dari kondisi BAQI di kampus UPI Bumi Siliwangi yang masih banyak kekurangan. Tapi justru dengan kekurangan itulah yang menjadi modal besar untuk BAQI bisa mengepakan sayapnya menuju kampus-kampus di  seluruh Indonesia. Menjadikan kampus-kampus tersebut sebagai kampus yang cinta terhadap Al-Qur'an dan juga peduli akan "sahabat yang belum bisa membaca Al-Qur'an secara TARTIL" dengan semangat terbarukan kepengurusan BAQI 2013.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah berkumpul suatu kaum di dalam salah satu rumah Allah, mereka membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan pasti akan turun kepada mereka ketenangan, kasih sayang akan meliputi mereka, para malaikat pun akan mengelilingi mereka, dan Allah pun akan menyebut nama-nama mereka diantara para malaikat yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

Di kepengurusan BAQI 2013 ini akan ada gebrakan besar menuju BAQI yang lebih baik dan memperluas jaringan lagi. apakah anda percaya!! atau kah anda ragu??
Kita tunggu saja jawabanya di tahun 2013 ini...Karena BAQI itu sederhana...

Perjuangan itu pahit namun dengan kepahitan itu lah yang akan mendatangkan keridoan ALLOH kepada kita juga akan mendewasakan kita..   

SMANGAT dan OPTIMIS...

mohon maaf bila ada kekurangan...


oleh: suyanto (p.geografi upi) 
 

Comments :

6 comments to “BAQI ITU...??”

Anonim mengatakan... on 

good job de..BAQI in My heart ah... :)

Gun Gun Ginanjar mengatakan... on 

semangat.... :)

Anonim mengatakan... on 

Assalaamu'alaikum.wr.wb.
saudaraku seiman... kita sama2 mencintai Allah, AlQuran & RasulNya...
& kita pun mencintai siapapun yg menjadi penerus perjuangan risalah Nya...

Ikhwaaty... alangkah lebih baiknya jika tulisan ini tidak "membanding2kan" dg kegiatan di kampus lain, bisa jadi di hadapan Allah justru perjuangan mereka lah yang jauh lebih mulya...

kl mau membahas BAQI cukup terangkan saja apa itu BAQI dengan apa ada nya,, insyaAllah yg masuk BAQI merekalah yang terpaut hatinya dg AlQuran, bukan dg BAQI y...

BAQI hanya selah satu wasilah Dakwah, dari sekian banyak wasilah....

Wallaahu'alam....

By Anggota Keluarga BQ

gzsurya mengatakan... on 

mantappp abiss...lanjutkan bang Suy,

mudah-mudahan tulisan ini menginspirasi bukan untuk menjustifikasi, insya Allah, selalu akan ada kebaikan kalau senantiasa di iringi dengan niat yang tulus dan lurus.
cas cus...ah, mantap.

ayo lanjutkan....

Unknown mengatakan... on 

mantap bang ulasannya..!

Riqi Muqarrabin mengatakan... on 

Alhamdulillah ya,,, ini ada tambahan dari ane

Sebagai wawasan lebih dalam tentang ke Kampus berwawasan Al-Qur'an, di Malang Jawa Timur ada UIN Maulana Malik Ibrahim dengan HTQ (Hai'ah Tahfizh Al-Qur'an) yang sebagai porosnya, membimbing 600 mahasiswa baru setiap tahunnya untuk menghafalkan al-Qur'an dan membenahi bacaannya bagi yang belum lancar,,,

Posting Komentar